Membuat Program Cek


Dalam dunia perbankan dikenal kertas yang bernama cek (cheque), yang mana diatas cek tersebut biasanya tertulis sejumlah nilai tertentu, misalnya Rp.123.500,-;Rp 19.601.411,- dan lain sebagainya. Dibawah tulisan sejumlah nilai tersebut terdapat tulisan jumlah nilai lain yaitu dalam bentuk terbilang (one hundred twenty three thousand, five hundred forty rupiah; fourteen milion, six hundred eighteen thousand, four hundred eleven rupiah).

Dalam Tutorial kali ini saya akan membuatlah program untuk mengkonversikan nilai cek dari bentuk angka ke bentuk terbilang dalam Bahasa Inggris. Program dibuat dalam dua versi yaitu menggunakan statement percabangan if...selse dan case.
Untuk menyelesaikan soal no.1 diatas, dapat dilakukan dengan caraseperti berikut. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat program konversi nilai ke nilai huruf adalah sebagai berikut :
  • Angka yang akan diterjemahkan harus dipisah-pisahkan menjadi 3 angka – tiga angka. Karena setiap tiga angka pengucapan angka akan sama hanya ditambahkan akhiran ribu, juta, milyar dsb.
  • Angka antara 12 – 19 angka satu yang ada didepan diganti dengan kata belas dan ditaruh dibelakang.
  • Angka angka berikut harus diterjemahkan secara manual : 10, 11, 100, 1000
Tutorial selengkapnya silahkan download disini










Related Posts by Categories






Widget by they | doet






0 komentar:

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
free counters

Followers

 

Mari Kita Belajar di Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Template by Boedhiyasa